ABSTRAK
Wa Ode Esnawati , 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumenke Ke Pasar Modern dan Pasar Tradisional Di Kota Kendari. Hasil. Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Haluoleo. Pembimbing: Fajar Saranani dan Muhammad Armawaddin..
Penelitian ini bertujuan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam berbelanja pakaian di pasar tradisional maupun pasar modern di kota Kendari. Penelitian ini dilakuakan di pasar tradisional Anduonohu dan pasar modern Lippo Plaza Kendari. Populasi dalam penelitan ini adalah semua penduduk di kota Kendari. Adapun sampel dalam penelitian sebanyak 64 orang. Tekhnik pengumpulan data di lakukuan melalui kusioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menggunakan model analisis deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa selama periode penelitian Variabel pendapatan konsumen, kualitas barang, fasilitas pasar, keamanan, kenyamanan mempengaruhi preferensi konsumen ke Lippo Plaza Kendari. Sedangkan variabel harga, kelengkapan produk tidak mempengaruhi preferensi konsumen dalam berbelanja pakaian di Lippo Plaza Kendari. Pada Pasar Andonohu, Respondennya menyatakan bahwa variabel harga, pendapatan konsumen, kualitas produk berpengaruh positif terhadap preferensi mereka dalam berbelanja pakaian. Sedangkan variabel, kelengkapan produk, fasilitas pasar, keamanan, dan kenyamanan berpengaruh negatif terhadap preferensi meraka dalam berbelanja pakaian di Pasar Andonohu
Kata Kunci : Preferensi konsumen ,harga produk, pendapatan konsumen, kualitas produk, kelengkapan produk, fasilitas pasar, keamanan, kenyamanan.
|