ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kemampuan Memahami Pokok-pokok Isi Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah 50% dari populasi siswa kelas X SMK Negeri 6 Kendari Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 128 dengan menggunakan metode Random Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 46 siswa yang menjadi responden secara individual 34 siswa atau 53,12% masuk kategori mampu dan 30 siswa atau 46,87 masuk kategori belum mampu dalam menentukan pokok-pokok isi teks biogerafi. Secara klasikal dalam Memahami Pokok-pokok Isi teks Biografi masuk kategori belum mampu. Hal ini dikarenakan siswa yang mencapai kemampuan minimal 75% hanya sebesar 53,12% belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 80%. Dilihat dari setiap aspek kemampuan dalam menentukan pokok-pokok isi teks biografi yaitu aspek pokok informasi pada paragraf 1 memperoleh persentase 43,75% paragraf 2 memperoleh persentase 28,12%, paragraf 3 memperoleh persentase 39,06%, paragraf 4 memperoleh persentase 28,12% dan aspek karakter unggul tokoh memperoleh persentase 29,68%. Dari setiap komponen yang menjadi aspek penilaian yaitu pada aspek pokok informasi, dan karakter unggul tokoh belum tuntas secara klasikal atau dikategorikan belum mampu.
Kata kunci: Kemampuan, memahami Pokok-Pokok Isi Teks Biografi
|