ABSTRAK
Sumarlin (2018), telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana gambaran aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan?, 2) Bagaimana gambaran hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan?, 3) Bagaimana gambaran peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada materi pokok lingkungan hidup dan pembagunan berkelanjutan. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajar dengan megunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowbal throwing pada materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada setiap silkus di tunjukan dengan skor rata-rata aktivitas pada siklus satu I sebesar 2,6 yang termaksut pada kategori cukup meningakat pada siklus II menjadi 3,6 yang termaksut pada kategori baik; 2) Aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing ditunjukan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,67 yang termaksut kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,67 yang berkategori baik; 3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus satu I dari 29 orang siswa hanya 19 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 65,5% dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 29 orang siswa ada 26 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 89,7% dengan nilai rata-rata 76,6%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil Belajar.
|