ABSTRAK
Harmin (2018) “Analisis Konsistensi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Ekosistem dengan Model Siklus Belajar 5E Di Kelas Va SD Negeri 10 Mandonga”. Jurusan/Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Di bimbing oleh Dr. Rimba Hamid, M.Si., selaku pembimbing I dan Drs. Amiruddin B, M.Kes selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsistensi pemahaman konsep siswa pada materi Ekosistem. Konsep pada materi Ekosistem yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsep Rantai Makanan, konsep Jaring-jaring Makanan, konsep Konsumen, dan konsep Produsen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas Va SD Negeri 10 Mandonga yang diambil sebanyak 3 orang siswa untuk dianalisis lebih lanjut. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah jawaban tes siswa. Analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Penelitian menunjukkan bahwa konsistensi pemahaman konsep siswa kelas Va SD Negeri 10 pada setiap konsep adalah konsep rantai makanan dengan kategori “cukup konsisten”, konsep jaring-jaring makanan dengan kategori “tidak konsisten”, konsep konsumen dengan kategori “tidak konsisten”, dan konsep produsen dengan kategori “tidak konsisten”. Sedangkan konsistensi pemahaman konsep pada tiga subjek yaitu subjek 1 (NFD) berada pada kategori “tidak konsisten”, subjek 2 (WDN) berada pada kategori “cukup konsisten”, dan subjek 3 (ALA) berada pada kategori “konsisten”.
Kata kunci: Model siklus Belajar, ekosistem, konsistensi, pemahaman konsep
|