ABSTRAK
Susisabaniati (2018) “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Volume Bangun Ruang Di Kelas Vd SD Negeri 8 Mandonga”. Jurusan/Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Di bimbing oleh Dr. Nana Sumarna, S.Pd., M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. H. Muh. Yasin, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi volume bangun ruang. Indikator keterampilan berpikir kritis yang dijadikan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah memberikan penjelasan sederhana dengan sub indikator menganalisis argumen dan memfokuskan pertanyaan, membangun keterampilan dasar dengan sub indikator mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber, serta menentukan strategi dan taktik dengan sub indikator memutuskan suatu tindakan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas Vd SD Negeri 8 Mandonga yang diambil sebanyak 5 siswa. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain jawaban tes siswa dan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 5 siswa yang dijadikan subjek. Analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas Vd SD Negeri 8 Mandonga tergolong ke dalam kategori cukup. Hal ini terlihat dari rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas Vd sebesar 59.3 dan banyaknya jumlah siswa yang berada pada kategori cukup, yaitu dari 36 orang siswa yang mendapatkan nilai cukup sebanyak 20 orang dengan presentase 55.6%. Selanjutnya, indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang dominan adalah keterampilan memberikan penjelasan sederhana pada sub indikator menganalisis argumen dengan presentase 91.1%.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritis.
|