ABSTRAK
Dwi Indah Ramadhani, G2O1 16 020.“Analisis Wacana Pragmatik Pada Iklan Produk Kecantikan dalam Media Sosial Instagram”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo, dibimbing oleh Dr.Aris Badara, M.Hum. dan Dr. Irianto Ibrahim, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) menganalisis penggunaan anafora dan katafora yang terdapat pada iklan produk kecantikan dalam media sosial Instagram, 2) menganalisis kandungan proposisi yang terdapat pada iklan produk kecantikan dalam media sosial Instagram, dan 3) menganalisis tindak tutur yang terdapat pada iklan produk kecantikan dalam media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan pragmatik yaitu mendeskripsikan fenomena yang ada pada iklan dengan mengkaji pemakaian bahasa yang sesuai dengan konteksnya.Data dalam penelitian ini adalah iklan-iklan produk kecantikan.Sumber data dalam penelitian ini yaitu media sosial Instagram.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis wacana pragmatik. Hasil penelitian ini memperlihatkan terdapat iklan yang menggunakan teknik anafora dan teknik katafora, dikatakan anafora karena hal atau fungsi merujuk kembali pada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya dalam wacana yang disebut antesedennya, sedangkan katafora yaitu terlebih dahulu disebutkan anteseden atau topik kemudian diperjelas kembali dengan referensial nomina, pronominal dan kata ganti seperti kata “ini”, “itu”, dan “nya”.Selanjutnya Proposisi yang terdapat dalam iklan masih ada yang meragukan dan perlu dibuktikan benar tidaknya agar lebih jelas, dan tidak tutur yang terdapat dalam penelitian ini, ada lima macam tindak tutur berdasarkan sinseritasnya yaitu tindak tutur pernyataan, tindak tutur pertanyaan, tindak tutur permintaan, tindak tutur peringatan, dan tindak tutur penawaran.
Kata Kunci: Wacana, Iklan, Instagram.
|