ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Amonggedo yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition ) pada materi pokok Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya, 2)Untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru di kelas XI IPS2 SMAN 1 Amonggedo yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition ) pada materi pokok Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya, 3)Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Amonggedo. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1)Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran geografi menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini menunjukan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,6 yang berkategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,4 dengan kategori baik, 2)Aktivitas guru menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, dimana pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas guru sebesar 2,7 yang berkategori cukup dan mengalami penigkatan pada siklus II yaitu diperoleh rata-rata aktivitas guru sebesar 3,5 yang berkategori baik, 3)Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I presentase siswa yang tuntas 68% atau 21 orang dari 31 siswa mencapai nilai KKM yang di tentukan sekolah yaitu ≥65 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84% atau 26 orang dari 31 siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan di sekolah.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Proses, Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition
|