ABSTRAK
Wa Ode Haswa, (2018) “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembentukan Tanah di Kelas Va SDN 10 Poasia ”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing : (1) Dra. Dorce B, Pambunga, M. Pd. dan (2) Drs. H. Amiruddin B, M. Kes.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan Pemahaman Konsep Pembentukan Tanah di Kelas Va SDN 10 Poasia?". Penelitian ini berfokus pada perbaikan proses pembelajaran sehingga meningkatkan Pemahaman Konsep Pembentukan Tanah di Kelas Va SDN 10 Poasia. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Pembentukan Tanah di Kelas Va SDN 10 Poasia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dua yaitu dari segi proses dan hasil. Dilihat dari segi proses, tindakan dikatan berhasil apabila minimal 80% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Dilihat dari segi hasil, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 80% dari siswa mencapai nilai > 75.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Pembentukan Tanah di Kelas Va SDN 10 Poasia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I terdapat 7 dari 22 siswa yang telah mencapai nilai > 75 dengan persentase ketuntasan 31,81% dan pada siklus II terdapat 19 dari 22 siswa telah mencapai nilai > 75 dengan persentase ketuntasan 86,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep pembentukan tanah di Kelas Va SDN 10 Poasia.
Kata Kunci : Inkuiri, pemahaman konsep, pembentukan tanah.
|