Pilih Bahasa  
Book's Detail
Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Puskesmas Poasia

ABSTRAK
MONALISA ODE RANGGO. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Puskesmas Poasia dengan Analisis Korelasi Pearson. Dibimbing oleh RUSLAN dan IRMA YAHYA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Puskesmas Poasia dengan Analisis Korelasi Pearson. Korelasi Pearson merupakan salah satu ukuran korelasi yang digunakan untuk mengukur kekuatan dan arah hubungan linear dari dua variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan banyaknya responden sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan enam variabel yang diduga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasaan pasien pengguna BPJS dengan nilai koefisien korelasi pearson sebesar 0,441. Nilai koefisien pearson tersebut bernilai positif. Dalam deskriptif, hasil penilaian kualitas pelayanan kesehatan tergolong baik, sedangkan penilaian kepuasan pasien pengguna BPJS tergolong puas untuk tetap baik dalam menggunakan jasa puskesmas poasia. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien pengguna BPJS memiliki hubungan yang searah.

Kata kunci: Korelasi Pearson, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien Pengguna BPJS, Puskesmas.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Monalisa Ode Ranggo - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Statistika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit VOKASI/Statistika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,29 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...