Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Di Kelompok B TK Dharma Wanita Balasuna Kec. Kaledupa

ABSTRAK
Risnawati. 2018. “Meningkatkan Kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf di TK Dharma Wanita Balasuna Kec Kaledupa”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing (I) Ibu Salwiah, (II) Ibu Afifah Nur Hidayah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf di Kelompok B TK Dharma Wanita Balasuna Kec. Kaledupa, (2) Apakah permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Kelompok B TK Dharma Wanita Balasuna Kec. Kaledupa?. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui permainan kartu huruf di TK Dharma Wanita Balasuan Kec. Kaledupa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan anak Kelompok B TK Darma Wanita Balasuan Kec. Kaledupa yang berjumlah 17 orang anak, masing-masing anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan.
Berdasarkan analisis data hasil belajar anak didik dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf menunjukan adanya peningkatan, hal ini dapat ditunjukan pada hasil sebelum tindakan dan sesuadah tindakan. Sebelum tindakan diperoleh presentase sebesar 35,20% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 58,82% dan pada siklus II diperoleh presentase sebesar 88,2% ketuntasan. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 15 aspek diperoleh presentase ketercapaian sebesar 73,33% yang tercapai. sedangkan pada siklus II hasil aktifitas mengajar guru meningkat menjadi 93,33 yang tercapai. Pada aktivitas mengajar anak didik siklus I dari 14 aspek diperoleh presentase sebesar 71,42% yang tercapai sedangkan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,85 atau 13 aspek yang terlaksana. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak di kelompok B TK Dharma Wanita Balasuna Kec. Kaledupa dapat ditingkatkan melalui permainan kartu huruf

Kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf, permainan kartu huruf

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang RISNAWATI - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Anak Usia Dini
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,83 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...