ABSTRAK
Hamrin (2018). Telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS1 SMAN 3 Mawasangka Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas XI IPS1dan aktivitas mengajar guru SMAN 3 Mawasangka saat menerapkan model problem based learning 2) Untuk mengetahui hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS1SMAN 3 Mawasangka yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah.
Penelitian dilakukan di kelas XI IPS1SMA Negeri 3 Mawasangka semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, tanggal 16 Juli sampai tanggal 14 Agustus 2018.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Mawasangka. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan model problem based learning : 1) aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,2 berkategori baik. 2) aktivitas mengajar guru meningkat dengan skor rata-rata 3,6 berkategori baik. 3) hasil belajar geografi siswa Kelas XI IPS1 SMAN 3 Mawasangka meningkat dengan nilai rata-rata 78, dengan ketuntasan belajar 81%atau terdapat 22 siswa dengan nilai ≥ 72 sesuai KKM geografi.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Bebasis Masalah, Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar
|