ABSTRAK
Husnul Fatima, 2018. “Meningkatakan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Mendongeng”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing pertama Hj. Aisyah, dan pembimbing kedua Bapak Ratulangi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kegiatan mendongeng dapat meningkatkan Kecerdasan Emosional anak di kelompok B RA Darul Ibadah Kolono? Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan peningkatan kecerdasan anak melalui kegiatan mendongeng di kelompok B RA Darul Ibadah Kolono.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B1 RA Darul Ibadah Kolono yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri atas 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.
Berdasarkan analisis data sesuai dengar standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh 85%, kategori berkembang sangat baik (BSB) atau berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan pelaksanaan tindakan pada siklus I sebesar 72% mulai berkembang (MB), hasil penelitian mengalami peningkatan disiklus ke II sebesar 90% berkembang sangat baik (BSB). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di Kelompok B RA Darul Ibadah Kolono tahun akademik 2017/2018.
Kata kunci : kecerdasan emosional, mendongeng
|