Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pola Pendidikan Otoriter, Demokratis Dan Permisif Terhadap Kemandirian Belajar Siswa

ABSTRAK

Wa ode Ningsih Rahayu (A1A1 14 157). “Pengaruh Pola Pendidikan Otoriter, Demokratis dan Permisif terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 2 Kendari”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd sebagai pembimbing I dan Rizal, S.Pd., M.Hum sebagai pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh langsung pola pendidikan otoriter terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari? (2) Apakah terdapat pengaruh langsung pola pendidikan demokratis terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari? (3) Apakah terdapat pengaruh langsung pola pendidikan permisif terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari? (4) Apakah terdapat pengaruh pola pendidikan otoriter, demokratis dan permisif secara simultan terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh langsung pola pendidikan otoriter terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari, (2) pengaruh langsung pola pendidikan demokratis terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari, (3) pengaruh langsung pola pendidikan permisif terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari, (4) pengaruh pola pendidikan otoriter, demokratis dan permisif secara simultan terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi adalah 121 siswa. Sampel dalam penelitian adalah 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pola pendidikan otoriter mempunyai pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari, (2) pola pendidikan demokratis mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari, (3) pola pendidikan permisif mempunyai pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari, (4) pola pendidikan otoriter, demokratis dan permisif secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kendari.


Kata kunci : Pola Pendidikan Otoriter, Demokratis, Permisif, Kemandirian Belajar

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Ningsih Rahayu - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.ekonomi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,71 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...