ABSTRAK
Marnianti (A1B3 14025) “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekosistem Di Kelas V_B SD Negeri 07 Abeli”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. Amiruddin B,M.Kes. dan (2) Dra. Dorce B. Pabunga, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep ekosistem di kelas V_B SD Negeri 07 Abeli. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep ekosistem melalui model pembelajaran kontekstual di Kelas V_B SD Negeri 07 Abeli.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2017/2018. Bertempat di SD Negeri 07 Abeli, dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 13 orang laki-laki. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi tes setiap siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung presentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan pemahaman konsep siswa selama proses pembelajaran. Adapun prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa, Aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Pembelajaran dikatakan berhasil jika 90% skenario pembelajaran terlaksana. Pemahaman konsep siswa dikatakan mencapai keberhasilan jika minimal 80% siswa mendapat nilai ≥ 65 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep ekosistem dari Siklus I ke Siklus II. pemahaman konsep ekosistem pada Siklus I dari 21 orang siswa yang mengikuti tes siklus I hanya 6 orang yang memahami konsep dengan persentase 28% dengan nilai rata-rata 50. Pada Siklus II mengalami peningkatan dari 22 orang yang mengikuti tes siklus II hanya 19 orang siswa yang memahami konsep dengan persentase ketuntasan 86% dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan model kontekstual diperoleh persentase pada siklus I sebesar 83,33% sedangkan pada siklus II sebesar 91,68%. persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual pada tema ekosistem siswa Kelas V_B SD Negeri 07 Abeli dapat meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman konsep ekosistem, model pembelajaran kontekstual
|