ABSTRA K
Wa Ode Nurwati NIM A1A2 13 064, “Penguatan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII1 SMP 2 Wakorumba Utara Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara”, dibimbing oleh Dr. Hj. Darnawati S.Pd., M,Pd dan Pendais Hak, S.Ag., M.Pd masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai karakter apa yang dikembangkan dalam pembelajaran IPS Sejarah di Kelas VII1 SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara?, (2) Bagaimana metode penguatan karakter siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas VII1 SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara?, (3) Bagaimana metode penilaian karakter siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas VII1 SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni suatu jenis penelitian dimana peneliti terlibat langsung dilokasi dan mendeskripsikan peristiwa sesuai dengan kenyataan yang ada dilapangan mengenai pola penguatan karakter siswa dalam pembelajaran IPS Sejarah Kelas VII1 SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara Sedangkan kajian pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep karakter, pola penguatan karakter, konsep IPS, bentuk-bentuk pengukuran karakter siswa dan penelitian relevan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Nilai-nilai karakter yang di kembangkan dalam pembelajaran IPS Sejarah di kelas VII1 yaitu: religius, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, cinta tanah air, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. (2) Metode penguatan karakter siswa dalam pembelajaran IPS Sejarah di Kelas VII1 yaitu berupa pujian, teguran, nasehat. Pujian diberikan untuk siswa yang menunjukan sikap atau perilaku positif, teguran ditujukan untuk siswa yang melakukan pelanggaran dan nasehat merupakan bentuk arahan agar siswa tidak melakukan kesalahan kembali. Selain itu juga siswa menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam proses pembelajaran IPS Sejarah di kelas VII1 dan melalui metode ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok (3) Metode penilaian karakter siswa dalam pembelajaran IPS Sejarah di kelas VII1 yaitu melalui penilaian harian.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Siswa, Penguatan
|