Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVc SD Negeri 04 Baruga

ABSTRAK
Fitri Nuari, (A1B314009). “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVc SD Negeri 04 Baruga.” Hasil Penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Muhamad Abas, S.Pd., M.Si. dan (2) Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIc SD Negeri 04 Baruga?Tujuan hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku dengan menerapkan model pembelajaran talking stick di kelas IVc SD Negeri 04 Baruga.
Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes siklsus.
Berdasarkan analisis data pengamatan dalam proses pembelajaran diperoleh persentase keterlaksanaan pada siklus I dari 66,67% menjadi 83,34%, sedangkan persentase keterlaksanaan pada siklus II dari 83,34% meningkat menjadi 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 28 orang siswa hanya 15 orang yang tuntas dengan rata-rata 7,32% yang mencapai KKM . Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 28 orang siswa hanya 26 orang siswa yang tuntas dalam persentase ketuntasan 92,86% dengan rata-rata 8,93 telah mencapai standar KKM.
Oleh karena itu indikator yang menjadi acuan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah maka dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku kelas IVc SD Negeri 04 Baruga.
Kata kunci: penerapan, model pembelajaran talking stick, daerah tempat tinggalku, hasil belajar

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Fitri Nuari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik x,53 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...