Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Siklus Belajar 5e Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tema Ekosistem Di Kelas VA SD Negeri 7 Abeli

ABSTRAK
Nila Elfandari, (A1B314030). “Penerapan Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tema Ekosistem Di Kelas VA SD Negeri 7 Abeli”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo. Pembimbing: 1) Dr. Rimba Hamid, M.Si dan 2) Drs. Amiruddin B,M.Kes
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model siklus belajar 5E dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tema ekosistem di kelas VA SD Negeri 7 Abeli?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tema ekosistem dengan penerapan model siklus belajar 5E di kelas VA SD Negeri 7 Abeli.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 kelas VA SD Negeri 7 Abeli, dengan jumlah siswa 27 orang, masing-masing terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data dalam penelitian ini data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 27 orang siswa hanya 12 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 44,44% dengan rata-rata 57.60 yang mencapai KBM. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 27 orang siswa, 23 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 85,18% dengan rata-rata 73,08. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas guru dalam menerapkan model Siklus Belajar 5E diperoleh persentase pada siklus I dari 71,15% menjadi 80,76%, sedangkan persentase pada siklus II yaitu dari 82,69% menjadi 100%. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh persentase pada siklus I dari 63,89% menjadi 66,67%, sedangkan pada siklus II dari 77,78% menjadi 97,22%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model siklus belajar 5E dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tema ekosistem di kelas VA SD Negeri 7 Abeli.

Kata Kunci: Penerapan, model Siklus Belajar 5E, Pemahaman Konsep

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nila Elfandari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,55 hal,28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...