Pilih Bahasa  
Book's Detail
KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 2 RAHA

ABSTRAK
Rahmayanti (A1A3 11 083) “Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Raha” di bawah arahan Hamuni, sebagai pembimbing 1 dan Irawati sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Raha. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Raha. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang sifatnya menggali informasi yang berhubungan dengan judul penelitian ini, yang hasilnya akan memberikan gambaran tentang kemampuan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Raha. Responden penelitian adalah semua guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Negeri 2 Raha yang berjumlah 3 orang yang sudah memiliki sertifikat pendidik Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum dan pengawas guru PPKn SMA Negeri 2 Raha. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Raha terdiri dari 2 bentuk yakni 1) pengaturan siswa; dan 2) pengaturan fasilitas. Dalam pelaksanaan dua bentuk pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dari hasil penelitian belum berjalan dengan maksimal, disebabkan masih terdapat guru yang belum melaksanakan kegiatan pengelolaan kelas dengan baik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus dapat diketahui bahwa untuk pelaksanaan aspek pengaturan siswa memperoleh nilai sebanyak 53,3%, sedangkan pada pelaksanaan aspek pengaturan fasilitas memperoleh nilai sebanyak 20%. Oleh karena itu untuk keseluruhan kegiatan pengelolaan kelas sesuai rumus maka diperoleh nilai sebanyak 73,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa kegiatan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari dua bentuk yakni pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang RAHMAYANTI - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Kewarganegaraan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Kewarganegaraan
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,64 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...