ABSTRAK
Ardiman,E1A1 11 063 “Analisis Kinerja Pelayanan Kapal Penumpang ASDP Amolengo Labuan (Studi Kasus Pelabuhan Amolengu Konawe Selatan’’).Dibimbing oleh La Welendo,ST.,MT Selaku pembimbing I dan Rudi Balaka,ST,.MT selaku pembimbing II
KMP Semumu merupakan kapal feri yang melayani arus penyeberangan alternatif penumpang maupun kendaraan yang menghubungkan Amolengo (Kabupaten konawe selatan) dan labuan (kabupaten buton utara).Dengan kunjungan jumlah penumpang terbesar di tiap bulannya yaitu 11661 orang pada bulan Juli.(berdasarkan data kesyahbandaran pelabuhan Amolengo).
Tujuan dari penelitian ini Untuk menganalisis kinerja Pelayanan Kapal penumpang ASDP Amolengu-Labuan terhadap penumpang menggunakan metode Customer satisfaction index atau menentuan tingkat kepentingan dan kinerja kepuasan penumpang atau pengguna jasa, dan Untuk mengetahui load factor penumpang dari Amolengu-Labuan. Berdasarkan hasil analisa Kinerja pelayanan kapal penumpang rute Amolengu labuan untuk saat ini dengan kepuasaan rata-rata sebesar 75.51 persen,berada pada nilai indeks 66% - 80,99% terhadap kepuasan pengguna jasa KMP SEMUMU, pada kinerjanya masuk dalam kriteria puas. Untuk nilai load factor angkutan penyebrangan ini kurang baik karena tidak masuk dalam standar yang di tetapkan pemerintah pada PP No.41 tahun 2003 yaitu 70% ,nilai load factor tertinggi hasil servey yaitu 66,62% untuk perharinya.
Kata Kunci : KMP Semumu, Costumer Satisifaction Index,Kepuasan Penumpang
|