ABSTRAK
JUITA RAMADHANI, C1D114152 Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Pemustaka (Studi Kasus Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara). Pembimbing I Dr. H. La Ode Muh. Umran., M.Si dan Pembimbing II Masrul, S.Ag., M.Si. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, 2018.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk pelayanan komunikasi interpersonal pustakawan dalam meningkatkan minat baca pemustaka. Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk pelayanan komunikasi interpersonal pustakawan dalam meningkatkan minat baca pemustaka. Informan dalam penelitian ini semua pustakawan perpustakaan daerah provinsi Sulawesi tenggara sebanyak 13 dan dipilih sebanyak 6 orang sebagai informan yang mewakili pustakawan Perpusda yang ditentukan secara purposive sampling. Metode Penelitian menggunakan Teknik analisis data dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan melakukan interprestasi data yang diperoleh dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pelayanan pustakawan dengan menggunakan komunikasi interpersonal yang sesuai dengan pendekatan teori De Vito yaitu bentuk pelayanan pustakawan dengan komunikasi secara keterbukaan, sikap positif, kesetaraan, empati dan dukungan. bentuk pelayanan yang dilakukan dengan pendekatan komunikasi interpersonal sangat efektif digunakan diperpustakaan daerah, hal ini terbukti dari yang telah dilakukan oleh pustakawan dalam meningkatkan minat baca pemustaka. Pemustaka menjadi lebih giat untuk menggunakan perpustakaan sebagai tempat untuk membaca.
Kata kunci : Komunikasi interpersonal, Pustakawan, Minat Baca
|