ABSTRAK
DEWI YUSTIKA WATI, C1D114125 Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Diperpustakaan (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 15 Kendari). Pembimbing I Dr. Muh. Zein Abdullah, S.IP., M.Si dan Pembimbing II Asrul Jaya, S.Sos.,M.Si. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, 2018.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat baca siswa diperpustakaan (Studi Kasus SDN 15 Kendari). Informan dalam penelitian ini semua stakeholder yang berperan didalam pengelolaan perpustakaan, sebanyak 8 orang yang terdiri dari 6 orang guru dan 2 pengelola perpustakaan yang ditentukan secara purposive sampling. Metode Penelitian menggunakan Teknik analisis data dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan melakukan interprestasi data yang diperoleh dari informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penggelolaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa yakni dengan mengkaji potensi minat baca siswa serta pengaruh kurangnya minat baca siswa diperpustakaan. Untuk potensi minat baca pihak perpustakaan dan guru SDN 15 Kendari melakukan pendekatan dengan cara menumbuhkan minat membaca siswa melalui pemberian tugas, kemudian meningkatkan keterampilan komunikasi, ini dilakukan dengan mengajar siswa agar aktif berbicara disetiap pembelajaran serta membentuk pola perilaku dan nilai social ini dilakukan dengan selalu mengajarkan dan menanamkan disetiap pebelajaran. Sedangkan pengaruh kurangnya minat baca siswa lebih dipengaruhi oleh kurangnya sumberdaya manusia yang kompeten, terbatasnya bahan pustaka yang disediakan perpustakaan, kurangnya promosi yang dilakukan pengelola, serta yang utama keterbatasan ruang baca yang tidak memadai.
Kata kunci : Pengelolaan perpustakaan, Siswa, Minat Baca
|