ABSTRAK
Sumarni.2013,”PenerapanModel Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia”.Skripsi.Jurusan/Program Studi PGSD, FKIP Universitas Halu Oleo.Pemimbing (1) Drs. La Rabani, SP.d., M.Pd (2) Drs. Ahid Hidayat, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia (2) Bgaimanakah aktivitas belajar siswa kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia dalam pembelajaran menulis pantun dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia; (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia dengan pembelajaran menulis pantun dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 pada kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia yang terdapat pada semester tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa putri dari 14 orang laki-laki. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor siswa, dan dilaksanakan secara bersiklus.
Hasil penelitian ini menumjukan bahwa jumlah siswa tuntas pada siklus I yaitu 13 orang siswa atau sebesar 54,16% dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu 21 orang atau sebesar 87,5% dengan nilai rata-rata 83. Berdasarkan observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan menulis pantun siswa kelas IV-A SD Negeri 12 Poasia.
Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, menulis pantun
|