Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Soropia Pada Materi Pokok Lingkungna Hidup Dan Pembangunan Berkelanjutan (Penelitian Tindakan Kelas Kepada Siswa SMA Negeri 1 Soropia Tahun Ajaran 2017/2018)

ABSTRAK
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui, mendapatkan data, gambaran tentang: 1)Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1Soropia, 2) Mendeskripsikan aktivitas mengajar guru di kelas XI IPS SMAN 1 Soropia, 3)Untuk menentukan peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Soropia melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada materi pokok Lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Soropia yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Perbaikan Tindakan kelas ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut;1) perencanaan; 2) perbaikan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Diperoleh kesimpulan: 1)aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada setiap siklus ditunjukkan dengan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,6 dan cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,5 pada katergori baik; 2)Aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,6 kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,6 yang berkategori baik; 3). Terjadi peningkatan hasil belajar siswa XI IPS SMAN 1 Soropia dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 26 orang siswa hanya 19 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata 70,76. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 26 siswa ada 21 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 81% dengan nilai rata-rata 75,57.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktifitas Belajar, Aktifitas Mengajar, proses, Kooperatif Tipe Make A Match. 

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Meliana - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Geografi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Geografi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,73 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...