ABSTRAK
Desi Dayatul Yatamasna, C1A114378, dengan judul skripsi “Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pelayanan Publik (Studi di Kantor Kelurahan Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Baubau)” dibimbing oleh La Ode Mustafa sebagai pembimbing I dan Muh. Yusuf sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik di Kelurahan Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Baubau. Jenis metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini yaitu (1) Kepala Kelurahan, (2) Kasi Pemerintah Kelurahan dan (3) empat orang pengguna layanan/masyarakat yang pernah berurusan pelayanan di Kantor Kelurahan Bugi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya bahwa status kepegawaian serta tingkat pertanggungjawaban dan tingkat keterbukaan pegawai sangat penting dalam hal melaksanakan tugas dan pekerjaan dalam memberikan pelayanan khususnya kepada masyarakat. Dalam hal ini penulis menarik kesimpulan bahwa transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Bugi barada pada kategori baik, baik dari segi pertanggung jawab, menyajikan, melaporkan, mengungkapkan segala aktivitas, keterbukaan, menyeluruh dan sumber daya publik atas segala bentuk pelayanan yang diberikan oleh pegawai kantor Keluran Bugi karna jawaban/tanggapan informan sudah cukup baik dalam pelayanan yang diberikan walaupun masih ada yang belum maksimal karna masih kurangnya personil dalam Kantor Lurah Bugi, dan ketepatan waktu pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehubung dengan pemberian pelayanan kepada masyarakat untuk mencapai kualitas pelayanan yang baik maka pegawai Kelurahan Bugi harus selalu memberikan pelayanan secara sederhana dimana masyarakat slalu diberikan kemudahan sehingga masyarakat dapat memahami pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Keterbukaan yang menyeluruh mengenai prosedur-prosedur dan surat keterangan lainnya, harus selalu berupaya tepat waktu dalam memberikan pelayanan serta memberikan yang terbaik kepada masyarakat khusus dalam pelayanan publik.
Kata Kunci: Transparansi, Akuntabilitas, dan Pelayanan Publik
|