Pilih Bahasa  
Book's Detail
Hubungan Minat Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Di Kecamatan Kendari

ABSTRAK
Wa Fiana ( G2G1 16 114 ), Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri di Kecamatan Kendari. Dibimbing oleh Bapak H. Karsadi, sebagai pembimbing I, dan Bapak Rifai Nur, sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1)Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajr IPS siswa SD Negeri di Keacamatan Kendari, (2) Hubungan motivasi belajarsiswa dengan hasil belajr IPS siswa SD Negeri di Keacamatan Kendari, (3) Hubungan minat belajar siswa danmotivasi belajarsiswa secara bersama - sama dengan hasil belajr IPS siswa SD Negeri di Kecamatan Kendari.
Populasi penelitian ini 169 orang siswa, dengan jumlah Sampel 63 orang siswa penentuan sampel dilakukan secara proporsional random sampling. data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti berdasarkan teori-teori yang dibangun para ahli dengan terlebih dahulu diuji coba kepada 60 orang siswa secara empirik untuk mengetahui validitas dan reabilitas ,teknik analisis data yaitu: (1) uji prasyarat analis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, (2) uji hipotesis yaitu uji regresi, korelasi sederhana dan korelasi berganda.
Temuan penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar siswa dengan hasil belajr IPS siswa SD Negeri di Keacamatan Kendari, seperti di tunjukan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,551 dan koefisien dertiminasi sebesar 0,304, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar siswa dengan hasil belajr IPS siswa SD Negeri di Keacamatan Kendari, seperti di tunjukan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,530 dan koefisien dertiminasi sebesar 0,281, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar siswa danmotivasi belajarsiswa secara bersama - sama dengan hasil belajr IPS siswa SD Negeri di Keacamatan Kendari seperti ditunjukan oleh koefisien korelasi(ry12) 0,575 dan koefisien dertiminasi sebesar 0,330.
Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa baik secara sendiri – sendiri maupun secara bersama - sama.


Kata kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Fiana - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek PENDIDIKAN IPS
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pendidikan IPS
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,99 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...