ABSTRAK
Wawan A1A1 13 042. Analisis Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dibimbing oleh Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Ramly, M.Pd sebagai pembimbing II. Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru mempunyai tugas ganda yaitu mengajar dan mendidik anak, agar anak dapat menjadi manusia selaras dengan hakikat kodratnya sebagi manusia. Dalam proses pembelajaran, seorang anak akan berhasil dalam belajar apabila dalam dirinya sendiri ada keinginan untuk belajar. Guru diberi tugas atau kepercayaan untuk bekerja dan di harapkan mampu menunjukan kinerja yang memuaskan dan memberikan kontribusi yang maksimal terhadap apa yang menjadi tanggungjawabnya sebagai guru kepada anak didiknya. Sikap ini akan dibarengi pula dengan rasa tanggung jawabnya mempersiapkan segala perlengkapan pengajaran sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Sebelum melaksanakan tugas pengajaran, guru terlebih dahulu membuat rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara baik dan benar. inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru dalam menunjukkan kinerjanya yang baik dan benar dan tidak semata-mata menjalankan tugasnya sewenang-wenang dan apabila tugas guru dilakukan dengan baik dan benar akan melahirkan kinerja guru yang baik pula dan begitu pun sebaliknya jika tugas guru tidak di laksanakan dengan berdasarkan koridornya maka tidak akan melahirkan kinerja guru yang baik.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja guru ekonomi SMA negeri 1 taliabu barat laut kabupaten pulau taliabu maluku utara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja guru ekonomi SMA negeri 1 taliabu barat laut kabupaten pulau taliabu maluku utara
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun data yang akan di analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis tiga jalur yang di kemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Landasan teori yang digunakan adalah teori kinerja guru yang di kemukakan oleh Usman.
Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperole kesimpulan bahwa guru ekonomi di SMA Negeri 1 Taliabu Barat Laut adalah guru yang belum berkinerja dengan baik karena (1) Guru ekonomi tidak membuat secara keseluruhan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan proses pembelajaran dengan anggapan belum menjadi guru tetap/PNS sehingga tidak mengharuskan membuat keseluruhan perangkat pembelajaran; (2) Guru ekonomi hanya membuat sebagian perangkat pembelajaran yaitu silabus, RPP dan bahan ajar.
Kata kunci: kinerja, kinerja guru
|