Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Materi Pokok Biosfer

ABSTRAK
Yani Ulfah Pasoa (2017), telah melakukan penelitian dengan judul ”Meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok Biosfer” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran aktivitas belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui melalui penerapan Model pembelajaranKooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pokok Biosfer?, 2) Bagaimana gambaran aktivitas mengajar guru pada siswa XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui dengan penerapan Model pembelajaranKooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Materi pokok Biosfer?, 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui yang diajar dengan model pembelajaranKooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pokok Biosfer?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui yang diajar dengan model pembelajaranKooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pokok Biosfer, 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru pada siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui yang menerapkan model pembelajaranKooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pokok Biosfer, 3) Untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranKooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pokok Biosfer. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang terdiri dari siswa 13 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS pada setiap siklus ditunjukkan dengan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,6 yang termasuk pada kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,4 yang termasuk pada katergori baik; 2)Aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, ditunjukkan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,7 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang berkategori baik; 3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa XI IPS1 SMA Negeri 1 Menui dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 24 orang siswa hanya 14 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 58,3% dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 24 orang siswa ada 20 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 83,3% dengan nilai rata-rata 79,8.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, TPS (Think-Pair-Share), Hasil Belajar

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yani Ulfah Pasoa - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Geografi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Geografi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvi,63 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...