ABSTRAK
Dian Saputri (A1A313008). “Peranan Guru PKn Dalam Membina Moral Siswa Di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Karsadi, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. Hamuni, M.Si sebagai pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peranan guru PKn dalam membina moral siswa di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara (2) apa yang menjadi hambatan bagi guru PKn dalam membina moral siswa di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara (3) upaya apa yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi hambatan dalam membina moral siswa di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam membina moral siswa di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara, hambatan dan upaya guru PKn dalam membina moral siswa di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kambowa Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Kambowa, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dalam bidang kesiswaan dan 6 orang siswa kelas IX diperoleh dari 3 orang siswa setiap kelas yang terdiri dari kelas IXA dan kelas IXB.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peranan guru PKn dalam membina moral siswa di SMP Negeri 2 Kambowa (1) menularkan pengetahuan dan kebudayaan kepada orang lain yaitu mengajarkan dan memberikan ilmu pengetahuannya kepada siswa sehingga siswa dapat mengetahui apa yang belum diketahuinya (2) Menanamkan nilai-nilai moral dan keyakinan kepada orang lain yaitu menasihati siswa agar selalu berperilaku yang baik dan juga menjadi contoh serta teladan yang baik bagi siswa (3) berkomunikasi yang baik serta dapat bertanggung jawab yaitu melakukan komunikasi yang baik dengan siswa sehingga interaksi antara guru dan siswa dapat terjalin dengan baik (4) dapat bekerja sama dengan lingkungan sekitarnya yaitu melakukan kerja sama antara guru dengan siswa untuk mempernudah kegiatan yang dilakukan.
Kesimpulan penelitian sebagai berikut: peranan guru PKn dalam membina moral siswa antara lain (1) menularkan pengetahuan kepada orang lain yaitu memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa sehingga siswa dapat tahu dan mengerti (2) menanamkan nilai-nilai moral dan keyakinan kepada orang lain yaitu menjadikan diri sebagai contoh serta teladan yang baik bagi siswa (3) berkomunikasi yang baik serta dapat bertanggung jawab yaitu melakukan komunikasi yang baik dengan siswa sehingga interaksi guru dengan siswa dapat terjalin dengan baik (4) dapat bekerja sama dengan lingkungan sekitarnya yaitu melakukan kerja sama dengan siswa untuk mempermudah kegiatan yang dilakukan.
Kata Kunci: Peranan Guru, dan Pembinaan Moral
|