ABSTRAK
Devi Yulianti 2018. Hubungan Antara Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo. Dibimbing oleh Ramly sebagai pembimbing I dan Murni Nia sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan: (1) penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo, (2) kemandirian belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo, (3) penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang dikembangkan sendiri oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,756 dan koefisien determinasi 0,571; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,824 dan koefisien determinasi 0,679; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,872 dan koefisien determinasi 0,760.
Dari temuan penelitian ini dapat disimpilkan bahwa terdapah hubungan positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar baik secara sendiri maupun secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo.
Kata kunci: Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemandirian belajar, dan Hasil Belajar Ekonomi.
|