ABSTRAK
MARDIANA (A1B314024). “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Tema Aku Dan Cita-Citaku Siswa Kelas IVa SDN 07 Baruga Kota Kendari”. Hasil Penelitian, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Muhamad Abas, S.Pd, M.Si dan (2) Drs. H. La Ode Rafiuddin R, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis pada tema aku dan cita-citaku siswa kelas IVa SDN 07 Baruga Kota Kendari dan Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis Siswa pada kelas yang menggunakan model mind mapping dengan kelas pembelajaran konvensional pada tema aku dan cita-citaku siswa kelas IVa SDN 07 Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IVa SDN 07 Baruga Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 49 orang, jumlah siswa laki-laki 28 orang dan siswa perempuan sebanyak 21 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IVa SDN 07 Baruga Kota Kendari dengan nilai sig (2-tailed)= 0,000 yang artinya peluang memperoleh kesalahan maksimal 0% dengan kata lain menggunakan tingkat signifikan 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Dan perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan model mind mapping dengan kelas pembelajaran konvensional terlihat pada hasil belajar siswa lebih tinggi diperoleh pada kelas eksperimen atau kelas yang diberikan perlakuan mind mapping skor tertinggi adalah 70,00 dengan rata-rata 59,38 sedangkan skor tertinggi yang diperoleh pembelajaran konvensional hanya mencapai 55,00 dengan nilai rata-rata 45,61 sehingga terlihat jelas bahwa nilai kelas yang menggunakan mind mapping sangat berbeda dengan nilai kelas yang menggunakan konvensional.
Kata kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Tema Aku dan Cita – Citaku
|