ABSTRAK
Masruddin (A1A3 12 021). “Peranan Guru dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi Kasus SMP Negeri 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi). Dibimbing oleh H. Karsadi selaku pembimbing I dan Wa Ode Reni, selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru, faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina moral siswa SMPN 3 Tomia.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekata kualitatif, Penelitian tersebut dilakukan di SMPN 3 Tomia, mulai Desember 2017 sampai Januari 2018. Sumberdata dari Guru Pendidikan Pancasila dan Kewargaegaraan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam serta dari Siswa SMPN 3 Tomia. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi; serta analisis data melalui tahapan yakni: reduksi data (data reduction); penyajian data (data display); danpenarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa1) peranan guru dalam pembinaan moral siswa di SMPN 3 Tomia Kabupaten Wakatobi meliputi peranan guru sebagai: a) pembimbing yaitu membimbing siswa dengan keteladanan berupa tutur kata, perilaku dan tindakan yang baik; b) motivator yaitu memberikan dukungan kepada siswa bahwa berperilaku baik akan mendatangkan kebaikan pula; c) model yaitu melaksanakan tugas mengajar, melatih, mendidik juga menjadi panutan atau memberikan contoh yang baik kepada siswa; d) komunikator yakni guru melakukan komunikasi dengan baik pada siswa dalam upaya pembinaan moral. 2) Faktor pendukung guru dalam pembinaan moral siswa meliputi: a) terciptanya lingkungan pendidikan yang baik; b) tingginya perhatian guru terhadap siswa; dan c) sarana dan prasarana sekolah. 3)faktor penghambat guru dalam pembinaan moral siswa meliputi: a) kondisi lingkungan keluarga yang tidak nyaman (broken home); b) lingkungan masyarakat tidak kondusif; c) pengaruh tayangan televisi/TV; dan d) kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) peranan guru dalam pembinaan moral siswa di SMP Negeri 3 Tomia Kabupaten Wakatobi yakni sebagai pembimbing, motivator, model dan komunikator. 2) faktor pendukung a) terciptanya lingkungan pendidikan yang baik; b) tingginya perhatian guru terhadap siswa; dan c) sarana dan prasarana sekolah. 3) faktor penghambat guru dalam pembinaan moral siswa meliputi: a) kondisi lingkungan keluarga yang tidak nyaman (broken home); b) lingkungan masyarakat tidak kondusif; c) pengaruh tayangan televisi/TV; dan d) kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan masyarakat.
KataKunci: peranan guru, pembinaan, moral, faktor pendukung, faktor penghambat.
|