Pilih Bahasa  
Book's Detail
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi

ABSTRAK
RIRIN ANDRIANI (C1A114384), Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi, di bimbing oleh Bapak H. Mustakim selaku pembimbing I dan Bapak Sartono, selaku pembibing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kualitas pelayanan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualiats Pelayanan Kesehtaan Pada Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendiskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi dilapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi diterapkan dimensi Tangible, Realibility, Responsivennes, Asurancce dan Empaty beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat seperti, respon setiap pegawai terhadap pasien yang datang berkunjung, pasien merasa aman dan nyaman ketika dilayani oleh pegawai, pegawai melayani dengan ramah dan sopan. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan yaitu antara lain faktor kesadaran, faktor kemampuan dan keteramplan dan faktor sarana pelayanan, ketiga faktor ini sudah cukup baik di terapkan di Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi. Namun masih ada faktor yang belum sepenuhnya di laksanakan pada Puskesmas Usuku yaitu faktor sarana dan prasarana yang membuat pasien merasa kurangn yaman yaitu ruang tunggu yang kurang berkualitas. Hal ini di lihat dari berbagai pendapat berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti.
Kata kunci : Kualitas pelayanan Kesehatan

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ririn Andriani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek ilmu administrasi publik
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FISIP/Ilmu Administrasi Publik
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,67 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...