Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep PKn Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SDN 19 Kendari Barat

ABSTRAK
Ninawati. (A1B3 14 118), “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep PKn pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SDN 19 Kendari Barat”.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep PKn pada materi globalisasi siswa. Rendahnya pemahaman konsep siswa karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dan masih ada siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran two stay two stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap Pemahaman Konsep PKn pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SDN 19 Kendari Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian diberikan pretest, kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran two stay two stray, setelah itu diberikan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 19 Kendari Barat, dengan teknik sampling jenuh diperoleh kelas IV sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu berupa pemberian instrumen tes pemahaman konsep PKn pada materi globalisasi siswa berupa soal uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,33 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,89. Sedangkan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sample Test) dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas. Data yang digunakan dalam uji normalitas dan uji hipotesis berbentuk skor Normalized Gain (N-Gain). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain pemahaman konsep PKn pada materi globalisasi siswa berdistribusi normal karena nilai Sig. = 0,298 > 0,05, dengan ɑ= 0,05. Karena data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sample Test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 9,660 sedangkan nilai ttabel adalah 2,110. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray berpengaruh terhadap pemahaman konsep PKn pada materi globalisasi siswa kelas IV SDN 19 Kendari Barat.

Kata kunci: pengaruh, model pembelajaran two stay two stray, pemahaman konsep, globalisasi

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ninawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,46 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...