ABSTRAK
SITI NURHIDAYAH, C1D114156 Opini Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Ruang Baca Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Pembimbing I Masrul, S.Ag.,M.Si dan pembimbing II Marsia Sumule G.,S.Sos,M.Si. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, 2018.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Opini Pemustaka terhadap Kualitas Layanan Ruang Baca pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Opini Pemustaka terhadap Kualitas Layanan Ruang Baca pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Informan dalam penelitian ini adalah Pemustaka sebanyak 8 orang. Yang terdiri dari 4 orang Mahasiswa, 2 Orang Pelajar, 2 Orang Wiraswasta yang ditentukan secara purposive sampling. Metode Penelitian menggunakan Teknik analisis data dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan melakukan interprestasi data yang diperoleh dari informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa opini pemustaka terhadap kualitas layanan ruang baca pada dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara dengan bentuk layanan berupa ketersediaan koleksi, kelengkapan fasilitas serta pustakawan menjelaskan tanggapan opini yang berbeda-beda dari pemustaka. Hal ini dibuktikan dari opini pemustaka yaitu untuk koleksi informan mahasiswa merasa tidak puas sedangkan pelajar dan wiraswasta merasa puas. Untuk Fasilitas semua informan merasa puas dengan fasilitas yang tersedia. Sedangkan pustakawan informan mahasiswa puas dengan layanan yang diberikan sedangkan pelajar dan wiraswasta merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan pustakawan.
Kata kunci : Layanan Ruang Baca, Pemustaka, Opini
|