ABSTRAK
NISMAWATI (C1A1 14 351) Jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, menyusun skripsi dengan judul “Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi”, dibawah bimbingan Bapak Syamsul Alam selaku pembimbing I dan Bapak Liwaul selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena sosial melalui hasil wawancara dan pengamatan. Informan penelitian ini adalah pasien yang pernah menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Usuku kecamatan Tomia timur kabupaten wakatobi dengan metode purposive sampling dimana sampel di tentukan sendiri secara sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu 10 orang informan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktifyaitu, aktivitas data dalam analisis kualitatif dilakukan secara interaktif secara terus-menerus sampai tuntas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)kepuasan pasien yang mencakup hubungan petugas dengan pasien, kenyamanan pelayanan, pengetahuan dan kompentensi teknis, dan efektifitas pelayanan di kategori belum memuaskan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu antara lain sikap pendekatan perawat pada pasien, kualitas tindakan yang diterima pasien, dan fasilitas yang tersedia di puskesmas, ketiga indikator ini dalam kategori belum memuaskan. Meskipum dalam indikator prosedur administrasu sudah baik. Dilihat dari kurangnya keramahan dari pemberi pelayanan serta keterbatas fasilitas yang dimiliki Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi.
Kata Kunci :Kepuasan Pasien, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien
|