ABSTRAK
Joni Iskandar (C1A1 14 364): Akuntabilitas Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kelurahan Anggalomelai Kecamatan Abeli Kota Kendari. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Muhammad Basri, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak H. Makmur Kambolong, SE, M.Si selaku pembimbing II.
Adapun Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis akuntabilitas kinerja pegawai di Kelurahan Anggalomelai Kecamatan Abeli Kota Kendari. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan publik di Kelurahan Anggalomelai Kecamatan Abeli Kota Kendari. Dalam penelitian ini analisis data di lakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan informan di ambil secara sengaja (purposive sampling) sebanyak 7 Orang. Adapun analisis data dalam penelitian ini penulis mengacu pada teori Miles dan Huberman dalam Sugiyono, (2007:334) yang terdiri dari: Pengumpulan informasi, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Akuntabilitas Kinerja Pegawai Di Kelurahan Anggalomelai Kecamatan Abeli Kota Kendari yaitu: (1) Akuntabiltas hukum dan kejujuran di kelurahan Anggalomelai senantiasa tertanam dalam diri setiap pegawai dapat dilihat dari kejujuran pegawai dalam menjalankan tanggung jawabnya dan pelaksanaan pembagian tugas yang sesuai dengan proporsinya serta ketidak penyalahgunaan wewenang yang diembaninya. (2) Akuntabiltas manajerial di Kelurahan Anggalomelai berjalan efektif dan efisien ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. (3) Akuntabilitas program di Kelurahan Anggalomelai bisa dikatakan terealisasi, ini dapat dilihat bukti pertanggung jawaban dalam bentuk arsip serta bukti fisik atas program-program yang dicanangkan. (4) Akuntabilitas kebijakan pegawai di Kelurahan Anggalomelai berjalan baik karena dalam memberikan pelayanan publik pegawai di Kelurahan Aggalomelai mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. (5) Akuntabilitas finansial di Kelurahan Anggalomelai bisa dikatakan terealisasi, ini dapat dilihat dari bukti rill dilapangan dan bukti pertanggung jawaban keuangan dari anggaran pertahunnya. Sedangkan, (2) Pelayanan Publik Di Kelurahan Anggalomelai Kecamatan Abeli Kota Kendari yaitu: (1) Transparansi, pelayanan publik di Kelurahan Anggalomelai sudah bersifat terbuka dan transparan hal ini dapat dilihat dari pelayanan yang cepat, mudah, dan bisa diakses oleh semua pihak kelurahan yang hendak ingin mendapatkan pelayanan. (2) Kondisional, Pelayanan publik di Kelurahan Anggalomelai sudah sesuai berjalan dengan kondisional dan bisa diakses semua pihak yang hendak mendapatkan pelayanan, selain itu juga pelayananya tidak memberikan pungutan biaya (gratis). (3) Parsitipatif, Tingkat parsitipatif pegawai di Kelurahan Anggalomelai sangat tinggi, dapat dilihat dari disiplin. (4) Kesamaan hak, dalam memberikan pelayanan publik pegawai di Kelurahan Anggalomelai tidak membeda-bedakan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya.
Kata kunci: Akuntabilitas, Kinerja , Pelayanan Publik.
|