Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Sifat Benda Di Kelas III SDN 9 Poasia Kota Kendari

ABSTRAK



Hasdaniar. (A1B412036)“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Eksperimen pada Materi Perubahan Sifat Benda di Kelas III SDN 9 Poasia.”Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs.H. Amiruddin B, M.Kes (2) Dra. Dorce B. Pabunga, M.Pd
Rumusan masalah dalam hasil penelitian ini : “ Apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda di kelas III SDN 9 Poasia. Tujuan penelitian adalah : untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok perubahan sifat benda di kelas III SDN 9 Poasia melalui penggunaan metode eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015 dan dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus dua kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan dikelas III SDN 9 Poasia dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Agustus 2014 sampai dengan 13 September 2014.Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua (2) siklus.
Hasil penelitian pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan lembar observasi, Refleksi diri, dan evaluasi tes siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dari dua segi yaitu segi proses dan dari segi hasil. Dilihat dari segi proses, tindakan berhasil apabila minimal 75% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Dilihat dari segi hasil belajar siswa dikatakan berhasil jika minimal 75% siswa telah memperoleh nilai minimal 70.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 9 Poasia pada materi perubahan sifat benda. Hal ini ditunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu hasil belajar siswa IPA siswa pada siklus I yaitu 71.11% dan pada siklus II, hasil belajar pada IPA siswa meningkat menjadi 86.66% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda melalui penerapan metode eksperimen pada kelas III SDN 9 Poasia.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Metode Eksperimen

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hasdaniar - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,51 hal,; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...