ABSTRAK
ANDI SULAEMAN, Stambuk A1A2 10 082, dengan judul skripsi “Pola Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Penerima Bantuan Bidikmisi”. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Anwar, M.Pd, selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Darnawati, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Pola Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Penerima Bantuan Bidikmisi Ketika Berada Di Asrama, (2) Pola Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Penerima Bantuan Bidikmisi Ketika Berada Di dalam Kampus,(3) Pola Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Penerima Bantuan Bidikmisi Ketika mengikuti tarbiyah subuh, (4) Tanggapan Mahasiswa Bidikmisi Terhadap Pelayanan Pendidikan di lingkungan Asrama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang terdiri dari (1) teknik pengumpulan data meliputi penelitian Observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen, (2) teknik Validasi data yang terdiri dari kepercayaan (Credibiliti), keahlian (Transferabiliti), Keberuntungan (Dependability), Kepastian (Confirmabiliti), (3) Teknik Analisis Data yang terdiri dari Reduksi data (Data Reduction), Penyajian data (Data Display), Penarikan Kesimpulan dan veripikasi (conclusion Drawing and Verivikation).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola belajar mahasiswa bidikmisi pendidikan sejarah ketika berada di asrama adalah pola belajar Individu, kelompok, dan pola belajar diskusi. Ketiga pola tersebut sangat efektif di dalam membantu mahasiswa menambah wawasan pengetahuan mereka dan disamping itu juga ketiga pola tersebut memberikan kemudahan kepada mahasiswa di dalam melaksanakan kegiatan belajar.
Pola belajar mahasiswa bidikmisi pendidikan sejarah ketika berada di dalam kampus adalah pola belajar individu. Pola belajar tersebut sangat efektif di dalam membantu mahasiswa melaksanakan kegiatan belajar, karena dengan pola tersebut mahasiswa merasa lebih cepat memahami materi dan menjadikan wawasan pengetahuan mereka lebih meluas.
Pola belajar mahasiswa bidikmisi pendidikan sejarah ketika mengikuti tarbiyah Subuh adalah pola belajar diskusi. Dimana pola tersebut sangat efektif di dalam membantu mahasiswa memahami materi yang disampaikan pada saat tarbiyah subuh.
Pelayanan pendidikan mahasiswa bidikmisi di lingkungan Asrama Ibnu Sina adalah berupa penyediaan Wifi, Photocopy, ATK, Laundry, Catering, dan air bersih. Berbagai fasilitas tersebut disediakan untuk mempermudah mahasiswa bidikmisi pendidikan sejarah di dalam melaksanakan proses belajar baik di dalam asrama maupun di dalam kampus.
|