ABSTRAK
AYU PUTRI FAJAR (A1C1 13 006). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan strategi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kendari Tahun Ajaran 2017/2018 pada kelas VIII.7. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan hasil wawancara. Dalam penelitian ini dianalisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII.7 dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel dengan mengelompokkan siswa dalam tiga ketegori. Data dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep yang disesuaikan dengan materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 17 Kendari kategori tinggi sebanyak 3%, kategori sedang sebanyak 10%, dan kategori rendah sebanyak 87%. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.7 masih tergolong rendah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan deskripsi kinerja siswa dari masing-masing kategori adalah sebagai berikut: (a) siswa pada kategori tinggi dapat mengerjakan 6 butir soal atau menguasai 6 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis; (b) siswa pada kategori sedang dapat mengerjakan 6 butir soal atau menguasai 6 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis; (c) siswa pada kategori rendah dapat mengerjakan 4 butir soal atau menguasai 4 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Diperlukan adanya penelitian lanjutan dari penelitian ini untuk memperoleh informasi apa saja yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
|