ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah deskripsi gaya belajar siswa SMP Negeri 1 Wawotobi?, (2) Bagaimanakah deskripsi hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi?, (3) Apakah gaya belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi?. (4) Apakah gaya belajar visual, auditori dan kinestetik siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Neegeri 1 Wawotobi.. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui deskripsi gaya belajar siswa SMP Negeri 1 Wawotobi(2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi. (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi. (4) untuk mengetahui pengaruh signifikan antara gaya belajar visual, auditori dan kinestetik siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Neegeri 1 Wawotobi.. Hipotesis penelitian ini adalah Gaya belajar siswa tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Wawotobi Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 320 siswa yang tersebar dalam lima belas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket (kuesioner) digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan gaya belajar pada siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Gaya belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi terbagi atas tiga kategori, dimana gaya belajar visual sebesar 60% atau sebanyak 43 siswa, gaya belajar auditori sebesar 29% atau sebanyak 21 siswa, sedangkan gaya belajar kinestetik adalah 11% atau sebanyak 8 orang. (2) Hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wawotobi termasuk dalam kategori kurang. (3) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (4) Tidak tedapat pengaruh yang signifikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa SMP Neegeri 1 Wawotobi.
Kata Kunci: Gaya belajar, Hasil Belajar
|