ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kendari dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek?Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kendari dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kendari dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek dari 40 siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 32 siswa atau 80% berkategori mampu secara individu dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek karena memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75%, dan 8 siswa atau 20% berkategori tidak mampu secara individu dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75%. Sedangkan kemampuan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kendari dalam kategori tidak mampu secara klasikal karena persentase kemampuan siswa hanya mencapai 80% tidak mencapai 85%.
Kata kunci : kemampuan, nilai-nilai kehidupan, cerita pendek
|