Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 8 Mandonga

ABSTRAK

Reni Handiyani. (A1B314116), “ Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 8 Mandonga . Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1) Dr. I Ketut Suardika, S.Pd., M.Si. (2) Muhamad Abas, S.P.d M.Si.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah hasil belajar siswa pada daerah tempat tinggalku dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Straydi kelas IV A SDN 8 Mandonga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 8 Mandonga.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 IV SDN 8 Mandonga dengan jumlah siswa 35 orang, terdiri dari laki-laki berjumlah 18 orang dan perempuan berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus tiap terdiri dari dua pertemuan. Faktor yang diteliti adalah faktor hasil belajar siswa, faktor siswa dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi dan tes siklus. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian siklus I persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 54,29% dengan nilai rata-rata 70,14. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 94,29% dengan nilai rata-rata 81,2. Peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh meningkatnya aktivitas kegiatan pembelajaran pada setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada siklus I yaitu langkah-langkah model pembelajaran tidak semua dilakukan oleh guru dan aktivitas kegiatan pembelajaran siswa kurang aktif. Kemudian aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus II dimana aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan langkah langkah model pembelajatran two stay two stray. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sdn 8 Mandonga .

Kata kunci : Penerapan, Model pembelajaran two stay two stray, Hasil belajar Daerah Tempat Tinggalku

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Reni Handiyani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,134 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...