ABSTRAK
Harfinah Amir. (A1B314079), “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN 05 Mandonga”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN 05 Mandonga.
Metode dalam penelitian menggunakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi subjek penelitian ini adalah 52 siswa kelas IV tahun ajaran 2017/2018 yang terbagi ke dalam dua kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis awal dan akhir kedua kelompok dan uji gain normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN 05 Mandonga. Hasil tersebut didasarkan pada hasil tes kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan menggunakan uji-t, rata-rata hasil pretest menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas dengan nilai sig. 0.066 > 0.05, sedangkan hasil posttest menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis kedua kelas dengan nilai sig 0.003 < 0.05. Selain itu, hasil N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain untuk kelompok eksperimen adalah 0.3563 (kategori sedang) sedangkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelompok kontrol adalah 0.0941 (kategori rendah) , serta perbandingan uji kesamaan dua rata-rata N-Gain menunjukkan nilai sig. 0.000 < 0.05.
Kata kunci: pengaruh, model problem based learning, kemampuan berpikir kritis, tema daerah tempat tinggalku
|