ABSTRAK
KINERJA DAN PERSEPSI PELAYANAN PENGGUNA BUS TRANS LULO DI KOTA KENDARI Laode Mahdiyanto Samara1, Laode Muhammad Magribi2, Susanti Djalante3 1Mahasiswa Teknik Sipil, 2Pembimbing I dan Dosen, 3Pembimbing II dan Dosen Teknik Sipil FT. Universitas Halu Oleo laodemahdiyanto@yahoo.com
Kota Kendari menunjukan kemajuan transportasi dengan mengoperasikan bus Trans Lulo pada januari 2014. Kualitas dari bus Trans Lulo ini masih sangat tinggi tetapi berbanding terbalik dengan jumlah penggunanya yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna bus Trans Lulo Kendari, mengetahui persepsi pengguna mengenai pelayanan dari bus Trans Lulo Kendari dan mengetahui tingkat kinerja dari bus Trans Lulo kendari. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu untuk persepsi pelayanan pengguna melalui wawancara langsung (kuisioner) kepada pengguna dan dianalisis dengan SPSS 16.0, Sedangkan untuk tingkat kinerja dilakukan melalui pengamatan langsung di lokasi penelitian dan dianalisis dengan microsoft excel.
Persepsi pelayanan pengguna Trans Lulo Kendari sebagian besar mengatakan sangat sesuai dan sesuai dari seluruh item pertanyaan, yang menjadi penyebab rendahnya pengguna angkutan ini yaitu bus tidak menaik-turunkan penumpang hanya pada halte, tidak saling berkaitannya (terintegrasi) antara jaringan bus dengan sarana transportasi laut dan udara dan sebagian besar responden mengatakan kurang sesuai mengenai kondisi halte yang bagus, memadai dan bersih. Tingkat kinerja bus Trans Lulo Kendari yang memenuhi standar hanya kecepatan perjalanan, sedangkan yang tidak memenuhi standar dan menjadi penyebab rendahnya pengguna angkutan ini yaitu load factor sangat kurang, frekuensi pelayanan sangat kurang, headway terlalu besar, waktu tunggu sangat besar, waktu pelayanan sangat kurang, dan jumlah kendaraan beroperasi sangat kurang.
Kata kunci : Trans Lulo Kendari, Persepsi pelayanan, Tingkat kinerja.
|