ABSTRAK
Desna Yusnita: A1D114177 a%%Ub%Uj-unsur Intrinsik Naskah Drama Siwa Kelas VIII SMP Negeri 5 n%% Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu peneliti akan menggambarkan secara objektif hasil yang diperoleh siswa dalam mengidentifikasi unsurU%%Up%Ur-rU%U%%U%%-angka sesuai dengan prinsip statistik yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 39 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dijelaskan bahwa dari 39 orang siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 22 siswa atau 56.42% berkategori mampu secara individual dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama, dan 17 siswa atau 43.58% tidak mampu dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama dikategorikan tidak mampu. Dikatakan demikian, karena secara klasikal kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau hanya mencapai 56.42%. Adapun rincian hasil kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau sebagai berikut. Aspek mengidentifikasi tokoh dan perwatakan 92.30%, aspek mengidentifikasi latar 82.04%, aspek mengidentifikasi dialog 69.22%, aspek mengidentifikasi tema dan amanat 69.22%, aspek mengidentifikasi alur 53.84%, aspek mengidentifikasi gayaa bahasa 17.94%.
Kata Kunci : kemampuan, mengidentifikasi, unsur intrinsik, naskah drama
|