ABSTRAK
Wa Ode Istiawati (G2C1 16 089) Pengaruh Disiplin Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna. Dibimbing oleh Bahtiar dan Zulfiah Larisu.
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh disiplin terhadap kualitas pelayanan publik, pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pelayanan publik, dan 3) pengaruh disiplin dan kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang dengan teknik penentuan sampel secara sensus, sehingga sampel yang terbentuk seanyak 45 responen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda paa taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan nilai Fhitung sebesar 45.466 dengan tingkat signifingkasi F sebesar 0,000 jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan taraf signifikansi = 0,05. Artinya bahwa bahwa disiplin dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama berpangaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna. Selanjutnya untuk hasil uji parsial dimana disiplin (X1) berpêngaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai t hitung sebesar 9.013 dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikan 0,05. Demikian pula untuk uji parsial gaya kepemimpinan (X2) berpêngaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai t sebesar 0,783 dan nilai probabilitas 0,438 lebih besar dari tingkat signifikan 0,05.
Kata Kunci : Disiplin, Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Pelayanan Publik
|