ABSTRAK
La Ode Rino (A1A113022). Hubungan Parrtisipasi Anggota dan Pelayanan Kredit Dengan Keberhasilan Usaha Primer Koperasi Kartika Wirabuana Kendari. Dibimbing oleh Abdullah Igo B.D sebagai Pembimbing I dan Murni Nia sebagai Pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada hubungan antara partisipasi anggota dan pelayanan kredit terhadap keberhasilan usaha Primer Koperasi Kartika Wirabuana Kendari ?, (2) Seberapa besar hubungan partisipasi anggota dan pelayanan kredit terhadap keberhasilan usaha Primer Koperasi Kartika Wirabuana Kendari baik secara simultan maupun parsial ?. Tujuan dalam penelitian ini dalah untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara: (1) hubungan antara partisipasi anggota dan pelayanan kredit dengan keberhasilan usaha Primer Koperasi Kartika Wirabuana Kendari. (2) seberapa besar hubungan antara partisipasi anggota dan pelayanan kredit dengan keberhasilan usaha Primer Koperasi Kartika Wirabuana Kendari baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi yang berjumlah 591 orang. Sampl dalam penelitian ini berjumlah 85 anggota. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode angket. Instrumen yang digunakan yaitu instrument partisipasi anggota, pelayanan kredit dan keberhasilan usaha koperasi yang dikembangkan dengan menggunakan dengan skala liker yang terdiri dari empat pilihan dan diberi nilai 4 sampai dengan 1. Teknik analisis data adalah: (1) analisis deskriptif presentase. (2) Uji Persyaratan, yaitu: Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas dan Uji Linearitas. (3) uji hipotesis, yaitu: Uji Regresi Sederhana dan Berganda, serta Uji Korelasi Sederhana dan Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi anggota dan pelayanan kredit secara berasama-sama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan usaha koperasi seperti yang ditunjukan pada persamaan regresi Ŷ = 18,771 + 0,164X1 + 0,208 X2. Nilai koefisien regresi 0,164 artinya bahwa jika partisipasi anggota rendah maka keberhasilan usaha koperasi berada pada konstanta 18,771 sedangkan nilai koefisien regresi 0,164 dimaknai bahwa jika partisipasi anggota tinggi maka keberhasilan usaha koperasi meningkat sebesar 16,4%. Dan nilai koefisien regresi 0,208 artinya behwa jika pelayanan kredit rendah maka keberhasilan usaha kopersai berada pada konstanta 18,771 sedangkan nilai koefisien regresi 0,208 dimaknai bahwa jika pelayanan kredit tinggi maka keberhasilan usaha koperasi meningkat sebesar 20,8%.
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh partisipasi anggota dan pelayanan kredit secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha koperasi.
Kata Kunci : Partisipasi Anggota, Pelayanan Kredit, Keberhasilan Usaha Koperasi
|