Pilih Bahasa  
Book's Detail
PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA DI KELAS VIII SMPN 2 UNAAHA KABUPATEN KONAWE

ABSTRAK
Yulia Rosa , G2P115042 “Penerapan Metode Drill Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Unaaha Kabupaten Konawe”. ( di bimbing oleh H. Anwar dan Hj. Darnawati ). Tujuan penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar siswa SMPN 2 Unaaha. 2) Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SMPN 2 Unaaha. 3) Apakah Penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni musik . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas . Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang mana dalam pelaksanaannya setiap siklus 3x pertemuan, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keaktifan guru dalam mengajar dengan metode drill sudah meningkat dengan presentase pada siklus I sebesar 66,66% dan pada siklus II sebesar 94,44%. 2) Keaktifan siswa dalam pembelajaran musik ansambel sudah maksimal terdapat peningkatan keterampilan bermain instrumen musik siswa di SMPN 2 Unaaha Kabupaten Konawe pada siklus I sebesar 66,66 dan pada siklus II sebesar 94,44%. 3) Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan melihat skor sebelum penelitian tindakan sebesar 63,63% yang berada dalam kategori kurang. Pada siklus I diterapkan metode drill, siswa yang berada dalam kategori kurang, skor meningkat menjadi 68,11% dan belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga perlu dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada penerapan metode drill di siklus II, seluruh siswa berada dalam kategori baik dengan skor 90,90%. Berdasarkan kriteria keberhasilan apabila seluruh siswa berada dalam kategori baik, maka pemberian tindakan dikatakan berhasil. Dari pengamatan dan analisis data yang diperoleh disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar ketrampilan dalam pembelajaran musik ansambel.
Kata Kunci : Metode Drill, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Musik Ansambel,Hasil Belajar

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yulia Rosa - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pendidikan Seni
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/pendidikan Seni
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik x,106 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...