ABSTRAK
Andi Ilham Apriadi, G2J1 16 021, Pengaruh Model Pembelajaran BerbasisMasalah Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Fluida Statis Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Man 1 Konawe. Pembimbing: 1). Dr. La Aba, S.Si., M.Si., II) Dr. Muliddin, S.Si., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi empiris tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing (PIT) terhadap hasil belajar ranah kognitif (HBK) pada materi fluida statis ditinjau dari keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik kelas XI MAN 1 Konawe. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group designfaktorial 2 x 2. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, kelas XI IPA1 belajar dengan model PBM dan kelas XI IPA2 belajar dengan model PIT. Data penelitian diperoleh melalui: 1) Observasi keterlaksanaan pembelajaran; 2) Tes KBK dan HBK dalam bentuk pilihan ganda; dan 3) Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 16.0 pada =0,05. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Rata-rata HBK peserta didik yang belajar dengan Model PBM diperoleh 78,52 relatif lebih besar dibandingkan dengan rata-rata HBK peserta didik yang belajar dengan Model PIT yakni 76,16; 2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata HBK peserta didik yang belajar dengan model PBM dan model PIT; 3) Ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata HBK peserta didik yang memiliki KBK tinggi dan KBK rendah; 4) Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara KBK dengan model pembelajaran terhadap HBK; 5) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata HBK peserta didik yang memiliki KBK tinggi yang belajar dengan model PBM dan model PIT; 6) Ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata HBK peserta didik yang memiliki KBK rendah yang belajar dengan model PBM dan model PIT; 7) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata HBK peserta didik yang memiliki KBK tinggi dan KBK rendah yang belajar dengan model PBM; 8) Ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata HBK peserta didik yang memiliki KBK tinggi dan KBK rendah yang belajar dengan model PIT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model PBM dan PIT sama-sama memberikan Peningkatan terhadap HBK. Namun model PBM memerikan peningkatan lebih besar dibanding model PIT terhadap HBK. Oleh karena itu, disarankan kepada guru fisika di sekolah agar menggunakan model PBM dan model PIT pada materi-materi yang membutuhkan praktikum untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Keterampilan Berpikir Kritis.
|