ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesiapan guru dalam perencanaan pembelajaran geografi (2) kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran geografi (3) kesiapan guru dalam penilaian pembelajaran geografi SMA Negeri 1 Kulisusu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Objek penelitian ini berupa kesiapan guru, dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan sistem penilaian pembelajaran geografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesiapan guru dalam pembelajaran geografi SMA Negeri 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara, terkait persiapan perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 telah terencana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran yang berupa RPP serta pemahaman yang dimiliki guru mata pelajaran geografi terhadap Kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara, telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat pelaksanaanya, semua guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dan menggunakan berbagai media serta mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran ini dikelompokkan dalam tiga kegiatan besar yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Penilaian mata pelajaran geografi dengan Kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara, telah menerapkan teknik penilaian Kurikulum 2013 dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penilaian yang dilakukan guru seperti penilaian dari proses atau keaktifan siswa, penilaian antar sejawat, portofolio yang sesuai dengan Kurikulum 2013.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Implementasi, Proses, Kesiapan Guru Geografi
|